Minggu, 18 Mei 2008

AYO DAPATKAN TINGKAT RETURN DEPOSITO 700%

Sebenarnya sudah banyak sekali para ulama yang telah berceramah dan menulis tentang kewajiban mengeluarkan harta kekayaan seperti zakat,infaq dan sedekah, dari masalah keutamaan mengeluarkannya sampai dengan bahaya apabila tidak mengeluarkannya. Namun karena masih adanya kejadian-kejadian di depan mata saya sendiri orang-orang yang mengaku ummat muslim namun tidak mau mengeluarkan sebagian hartanya sebagaimana yang diperintahkan Allah,SWT maka sebagai bentuk amar ma’ruf nahi munkar saya menulis sebuah tulisan yang berjudul “Ayo Dapatkan Tingkat Return Deposito 700%”. Dengan harapan mengingatkan kembali diri saya pribadi khususnya dan ummat muslim pada umumnya untuk tidak menjadi manusia-manusia yang kikir atau bakhil yaitu manusia yang tidak mau mengeluarkan sebagian hartanya untuk membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan atau tidak mau mengeluarkan sebagian hartanya untuk berjihad di jalan Allah,SWT,

Allah berfirman di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 261:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap – tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Pada ayat tsb Allah, SWT berjanji akan memberikan balasan kebaikan (pahala) sampai tingkat 700% bagi orang-orang yang mau mengeluarkan sebagian hartanya di jalan Allah (deposito akhirat) seperti belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan Islam, rumah sakit, membantu orang lain yang mengalami kesulitan dan lain-lain. Pada saat ini apakah ada Bank(baik Bank Konvensional maupun Bank Syariah) yang mampu memberikan tingkat return deposito sampai dengan 700% ? Pada saat krisis moneter tingkat deposito sampai 70% per tahun itupun sifatnya hanya sementara, buktinya sekarang tingkat bunga deposito bank hanya 5%-7% per tahun.

Selain memberikan balasan kebaikan, Allah, SWT juga mengancam orang-orang yang tidak mau mengeluarkan sebagian hartanya di jalan Allah, firman Allah, SWT di dalam Al-Qur’an:

“…Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka,(bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas,perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengan dahi mereka,lambung dan punggung mereka(lalu dikatakan kepada mereka:”Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (Qs: 9:34-35).

Masih banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi ancaman Allah,SWT bagi orang-orang kikir atau bakhil terhadap harta kekayaannya. Itu merupakan hukuman di akhirat nanti, sekarang apakah Allah,SWT juga membalas orang-orang bakhil atau kikir di dunia ? tentu saja jawabannya adalah Allah,SWT pasti membalas juga orang-orang bakhil atau kikir di dunia seperti pada kisah berikut ini yang penulis dengar sendiri langsung dari peristiwa kebakaran di pasar tanah abang,

Pasca kebakaran pasar tanah abang tahun 2003, ada seorang pedagang tanah abang datang ke kantor bank syariah tempat saya bekerja untuk menceritakan penyesalan seorang temannya pedagang pasar tanah abang juga yang tidak mengeluarkan zakat perdagangan 2,5% , dulu sebelum terjadi kebakaran tahun 2003 ia mampu mendapatkan keuntungan bersih dalam satu tahun itu sebanyak 20 Milyar rupiah berarti zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% x 20 milyar = Rp 500.000.000 , suatu angka zakat yang banyak sekali yang bisa dipakai untuk berjuang menegakkan agama Allah, SWT dan untuk menuntaskan kemiskinan ummat muslim. Namun sayang seribu sayang bukan karena tidak tahu ada kewajiban zakat 2,5% tetapi karena alasan terlalu cinta terhadap harta pedagang tsb tidak mengeluarkan kewajiban zakat. Setelah perdagangannya hancur, baik kios-kiosnya maupun dagangannya dilalap si jago merah pada bulan febuari 2003, pedagang tsb menjadi sadar kesalahannya selama ini yang tidak mengeluarkan zakat.
Masih banyak kisah-kisah yang membuktikan bahwa Allah,SWT membalas orang-orang yang kikir/bakhil terhadap harta, seperti anggota keluarga yang sakit dan lain sebagainya.

Mari kita memohon kepada Allah,SWT agar kita dilindungi dari sifat kikir/bakhil terhadap harta dan dijadikan diri kita ini termasuk orang-orang yang dermawan.Amiin

1 Komentar:

Pada 12 September 2008 21.11 , Blogger alihozi77 mengatakan...

tulisan ini bersumber dari http://alihozi77.blogspot.com

tolong ya mas agar ditulis darimana sumbernya artikel2 yang dimual di blog ini

Terimakasih

Alihozi

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda